Pengertian dari hardware atau
dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Batasan antara perangkat keras dan lunak
sedikit buram; firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam
perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan
teknik computer.
B. Jenis – Jenis Perangkat Keras (Hardware)
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa
komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang
saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras
komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit
ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse
d. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer
2. Proses Device
1.) Processor
Alat ini berfungsi sebagai pengolah
data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam
komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang
digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo.
Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi
komputer tersebut.
2.) Register
Register merupakan jenis memori yang terdapat
pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori
yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh
CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk
diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memori
Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan
sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses
kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat
dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non
volatile)
5.) RAM ( Random Access Memory )
Merupakan jenis jenis memori yang dapat
dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile).
3. Output Device
a. Monitor
Monitor merupakan unit keluaran yang
memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah
dikenal adalah.
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer
yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti
kertas transparansi
c. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk
suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet
dan terhubung pada saluran pemancar radion online
4. Backing Storage
1. RAM ( Random Access memory)
Digunakan sebagai memori baca tulis, artinya dapat diisi dan
isinya dapat dibaca kembali
2. ROM (Read Only Memory)
Digunakan untuk menyimpan urutan instruksi tertentu yang sering
digunakan sehingga lebih efisien jika selalu tersedia di memori. Contoh BIOS
(Basic Input Output System)
3. BUS
Data biasanya ditransfer antara penyimpanan utama dan prosesor
melalui perangkat (bus) yang secara efektif berarti pengirim beberapa (banyak)
bit data secara parallel.
4. Memory Cache
Area penyanggaan temporer untuk data yang sedang diakses
berulang-ulang dan untuk lewat semua data serta instruksi.
5. Periferal
1. Lightpen
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki
sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca
kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
2. Trackball
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya
tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer
berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan.
3. Joypad/Gamepad
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya
berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat
tombol-tombol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar